Autotext di Android: Cara Mengetik ala Blackberry

Di penghujung bulan September ini, saya akan membagikan tips cara mengetik tulisan alay di hp Android, seperti yang dilakukan oleh alayer-alayer pemegang Blackberry. Tulisan ini dikenal dengan autotext.

Sebenarnya sudah banyak yang membagikan tipsnya, tapi menurut saya sudah tidak relevan lagi. Pada tutorial yang saya dapatkan kebanyakan menggunakan file backup.zip. Selain tidak bekerja di gingerbread (custom autotext terlihat kosong), file backup.zip ini akan mengubah semua settingan yang sudah kita buat. Settingan SmartKeyboardPro kembali ke settingan file backup.zip. Sedangkan pada file autotext di bawah ini cukup mengubah autotextnya saja.

Tulisan alay aka autotext yang  saya maksud seperti gambar di samping.

Ok, bahan-bahannya:

– Smart Keyboard Pro versi 4.0.2 ke atas
– File autotext.csv. Download di sni

Saya tidak menyediakan link download Smart Keyboard Pro  karena ini program berbayar. Kalo mau cari gratisannya, search saja di google pake kata kunci:  smart keyboard pro 4.0.2 apk. Kalo menemukan  versi lebih yang tinggi itu lebih bagus.

Install smartkeyboardpronya (saya gak perlu kan menjelaskan cara install file apk 🙂 ). Masuk ke Setting >>Language and Keyboard. Ceklist pada bagian Smart Keyboard Pro.

Tap pada bagian Smart Keyboard Pro Settings >> Tap pada Text prediction. Ceklist pada bagian Show Suggestion.

Copy file autotext.csv ke sdcard/smartkeyboardpro/ di Android.

Kembali ke Smart Keyboard Pro Settings >> Tap pada Backup Settings >> Tap Import AutoText. Tunggu layar kembali normal.

Sekarang coba dilayar tempat mengetik Tap >> Tap pada Input Method >> Nanti muncul pop up pilihan keyboard, Pilih Smart Keyboard Pro.

 

Selesai.

Untuk melihat daftar autotextnya: Masuk ke Setting >>Language and Keyboard >> Smart Keyboard Pro Settings >> Tap pada Text prediction.  >> Tap pada Custom AutoText (di bagian ini kita juga bisa menambah autotext sendiri).

Cara menggunakan autotext: lihat pada Custom autoText, text apa saja yang bisa dijadikan autotext. Kata-kata itulah yang diketik pada layar. Misalnya kita ketik tulisan waka, maka di sebelahnya akan muncul karakter alaynya. Tinggal tap karakter alay tadi, maka akan muncul di layar.

credit to Wendi Irawan yang sudah membagikan file autotext.csv

{45} Thoughts on “Autotext di Android: Cara Mengetik ala Blackberry

  1. quisiera contratar una linea internet movil prepago mensual tarifa plana comprando el modem y la tarjeta con posibilidad de conectarme a intervalos entre meses.No lo he conseguido con BLAU pueden ayudarme?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


*