BOLT, 4G-LTE Pertama di Indonesia

logo bolt 4 G

 

Paska lebaran, semua operator GSM yang saya gunakan tiba-tiba lambatnya bukan main. Mulai dari XL, Axis, sampai Telkomsel. Sayapun hanya bisa buka facebook doang. Entah apa sebabnya. Untunglah, pada tanggal 25 Desember 2013 lalu, PT. Internux melaunching teknologi 4G-LTE dengan menggunakan merk dagang BOLT. Sayapun segera membeli MIFI BOLT yang dijual di Erafone seharga 299rb.

mifi-bolt ZTE MF90kartu-perdana-bolt

Gambar modem Mobile Wifi (Mifi) BOLT ZTE MF 90. Dalam paket sudah disediakan kartu perdana BOLT dan paket data 8GB.

Dan hasilnya cukup membuat saya takjub, walaupun belum sesuai klaimnya. Dengan signal yang hanya 2 bar, menonton Youtube lancar jaya. Tadinya saya tidak bisa meload email di Yahoo mail karena loadingnya yang berat, sekarang bisa dibuka dalam sekejap mata. Alhamdulillah, segala macam aktifitas berinternet menjadi menyenangkan.

Rasanya tidak afdhol kalo saya belum menampilkan hasil speedtestnya.

speed-bolt dalam negeri

Gambar speedtest server dalam negeri.

speed-bolt luar negeri

Gambar speedtest server luar negeri.

Hasil speedtest berubah-ubah tergantung waktu dan cuaca. Saya pernah mendapatkan speedtest sampai dengan 19Mbps. Mobile Wifi Bolt ini selain bisa dijadikan sebagai modem, bisa juga dijadikan sebagai WIFI Router. Pengalaman saya, dengan menjadikannya  sebagai modem, kecepatannya lebih tinggi dibandingkan sebagai Wifi.

Saya tidak akan banyak membahas mengenai fitur-fitur dan paket data BOLT, karena sudah banyak website besar yang mereviewnya. Yang akan saya tulis hanya sedikit mengenai masalah pada BOLT, agar teman-teman tidak mengalami masalah yang sama.

1. Isi ulang voucher Bolt.
Bagi pengguna prabayar, isi ulang voucher dapat dilakukan melalui websitenya. Pembayaran menggunakan kartu kredit dan CIMB click. Berdasarkan pengalaman teman-teman di forum yang menggunakan CIMB click, banyak yang sudah bayar tapi pulsa tak kunjung bertambah. Jadi disarankan isi ulang melalui ATM BCA saja. Kabarnya akan ada voucher di okeshop, tapi saya belum menemukannya.

2. Cara menghidupkan Modem Mifi Bolt.
Ini yang sering salah. Banyak yang menekan tombol 1 kali untuk menghidupkan power. Dan menekan sekali lagi untuk menyalakan Wifi-nya. Padahal  untuk menghidupkan power dan WIfi cukup sekali saja. Setelah power baterai hidup, tunggu sekitar 30 detik, maka Wifi akan otomatis menyala.

Begitu juga ketika mematikan modem bolt. Cukup tekan dan tahan tombol power selama 2-3 detik, maka Modem Mifi akan mati.

Ketika komputer akan dinyalakan, jangan menghubungkan Mifi bolt dengan komputer melalui kabel USB, karena akan menyebabkan power Mifi Bolt tersebut menyala, tapi Wifi tidak bisa dihidupkan. Bahkan ketika kabel USB dicopot, Mifi bolt tetap tidak bisa dimatikan (harus copot baterai baru bisa dimatikan). Oleh karena itu, lepaskan dulu sambungan kabel USB dengan Mifi Bolt, setelah komputer menyala, baru hidupkan Mifi Bolt. Terakhir, baru hubungkan kabel USB dengan komputer.

3. Mengatasi Signal Lemah
Berbeda dengan operator GSM yang menyediakan layanan 3G, walaupun signal full, kecepatan tetap lambat. Pada Bolt, semakin kuat signal, semakin tinggi kecepatannya. Mungkin karena pengaruh pengguna yang masih sedikit. Nah, tips agar signal lebih kuat, letakkan Mifi diluar ruangan. Bisa juga dengan wajan bolic atau sejenisnya. Bagi saya, cukup diletakkan di luar ruangan sudah cukup menambah kencang kecepatannya.

4. Apakah Mifi Bolt dapat digunakan untuk operator GSM?
Walaupun menurut pihak BOLT disebutkan bahwa modem MIFI Bolt ini hanya dapat digunakan untuk BOLT, tapi sebenarnya bisa digunakan untuk seluruh operator seluler seperti Axis, XL, Indosat, dan Telkomsel. Hal ini berdasarkan spesifikasi yang ada di website ZTE.

Berikut ini frekuensi yang disupport oleh Modem Mobile Wifi ZTE Mf90:

LTE-FDD 800/900/1800/2100/2600MHz
LTE-TDD 2300(2600)MHz
UMTS 850/900/1900/2100MHz
EGPRS/GSM 850/900/1800/1900MHz

Dari spesifikasi frekuensi di atas, berarti Modem Mifi Bolt dapat digunakan oleh semua kartu seluler GSM. Tinggal di unlock saja, banyak trik untuk mengunlock modem Mifi Bolt di internet. Resikonya, dengan mengunlock, garansi menjadi void.

{15} Thoughts on “BOLT, 4G-LTE Pertama di Indonesia

  1. Dh,
    Salam kenal
    ada sedikit yg ingin sy tanyakan, sy pengguna baru BOLT
    Apakah anda tahu setingan SMTP (outgoing mail) utk Outlook Express dgn bolt sbg koneksi internetnya
    Juga port utk POP3 dan SMTP
     
    Tks/Adi Karmadi
    HP 0812 89544927

  2. pengen nyoba tapi daerah sy *bogor pinggiran* blom masuk coverage area 🙁
    tapi emang masih jauh ya dari iklannya kalau cuma 4Mbps, walau speed 3Mbps juga sebenernya udah lumayan lancar buat browsing atau streaming

  3. Saya setuju nih dengan postingannya. Bolt memang ngebantu banget disaat sinyal internet lagi jelek, pas pake bolt memang beda sih jauh lebih cepet daripada internet biasa. Thanks postingannya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


*