Cara Install A2SD Darktremor di LG Optimus One

Pada mulanya menggunakan ponsel Android dengan berbagai macam aplikasi tidak ada masalah. Lama kelamaan setelah makin banyak aplikasi yang dimasukkan, barulah masalah datang. Terbatasnya memori internal pada Android menyebabkan memori cepat penuh. Kalo sudah penuh, tidak bisa install lagi, bahkan smspun tidak bisa masuk.

Sebenarnya sejak Android versi Froyo sudah ada fitur  A2SD atau Apps2SD atau Apps2Ext. Dengan fitur tersebut aplikasi bisa diinstall di memory external. Di Android Market juga banyak aplikasi-aplikasi A2SD yang bisa digunakan untuk mempermudah memindahkan aplikasi dari memory internal ke memory external (SDcard), misalnya data2sd dan link2sd. Tapi ternyata A2SD tersebut tidak menyelesaikan masalah, sebab yang dipindahkan hanya sebagian aplikasinya saja, sedangkan sebagian aplikasi lain dan datanya (cachenya) tidak ikut berpindah. Semakin lama kita menggunakan aplikasi, datanya akan semakin menumpuk, hal ini menyebabkan memory internal cepat penuh meskipun kita tidak menginstall aplikasi baru.

Untunglah banyak developer yang berbaik hati mengatasi masalah tersebut dengan membuat script A2SD. A2SD yang saya maksud adalah Darktremor yang akan kita bahas kali ini. A2SD Darktremor biasa disingkat dengan nama DT-A2SD. Adalagi script A2SD lain yang cukup terkenal, yakni Ungaze Data2SD. Tapi tidak akan saya bahas.

Cara kerja Darktremor dan Ungaze pada dasarnya sama. Script ini memanipulasi sistem Android sehingga SDcard kita seolah-olah menjadi memory internal. Aplikasi-aplikasi yang diinstall nantinya akan diletakkan dalam folder /data/app dimana folder /data/app sebenarnya berada di Sdcard.  Cache dalam folder /dalvik-cache juga akan dipindahkan kedalam Sdcard. Sedangkan aplikasi sistem bawaan Android tetap berada di /system/app di memory internal.

Dengan demikian, berapapun banyaknya data dan aplikasi yang diinstall, tidak menjadi masalah lagi karena berada di Sdcard.

Untuk mengimbangi kecepatan memory internal, maka memory external (SDcard) yang digunakan harus mempunyai kecepatan tinggi. Oleh karena itu saya sarankan untuk menggunakan memory class 10. Jika kita menggunakan memory dengan class yang rendah, akan menyebabkan lag ketika aplikasi dijalankan.

Memory yang memiliki class 10 diantaranya Samsung, Team, Sandisk, Panasonic, Lexar, Transcend, Kingston, dan masih banyak lagi yang lain. Untuk mengetahui classnya cukup dengan melihat angka dalam lingkaran kecil di kemasan microsdnya.

 

Cara menginstall DT-A2SD cukup dengan memflashing melalu Custom recovery. Bagaimana langkah detailnya? Nantikan ditulisan saya yang akan datang, insya Allah.

{14} Thoughts on “Cara Install A2SD Darktremor di LG Optimus One

  1. Gan saya sukses instal ginggerbread buat indonesia, custom recovery sama rootnya… untuk cara install DT A2SD itu gmna ya? apa cukup di instal lwt custom recovery tanpa ada langkah2 khusus atau ada langkah lainnya?

    salam

    andaru 

  2. Bagaimana bila kita sudah pakai A2SD Darktremor, namun kemudian hari akan ganti sdcard atau upgrade sdcard? Apakah aplikasi diinstall dari awal? uninstall aplikasi sdcard lama lalu reinstall aplikasi pada sdcard baru? atau dapat di kopi/cloning sdcard???
    Mohon infonya…..

  3. @Ari Budiawan: sama2 bro

    @Joko:  Ada banyak cara.
    cara pertama:
    lewat linux, format sdcard yang baru, buat partisi extended 3 (darktremor pake ext 3) dan fat 32.
    Kemudian copy isi sdcard lama ke sdcard yang baru.
    cara kedua:
    kembalikan semua aplikasi ke memori internal, hapus dakrtremor,  masukkan sdcard, flah lagi darktremornya. 

    @Saeful: yups, harus dipartisi sdcardnya.
    tutorial sebenarnya sudah banyak diforum, cuman saya belum repost  aja. 
     
    @blognadei: sama2 bro 

  4. Bagaimana caranya membuat partisi ext3 dari handset??? Apa nama aplikasinya?? Apakah melalui custom recovery??  Apakah SDCARD harus dibuat 2 partisi, ext3 dan fat32?? masing2 besarannya berapa MB??

  5. @Saeful: Sudah saya jawab. Lihat jawaban saya untuk Joko di comment nomor 7
    @Joko: Mempartisi sdcard tidak bisa dari handset. Hanya bisa lewat komputer dan lewat Custom recovery. Kalo lewat custom recovery cara mempartisi SDCARD ada di sini (di point ke 2).
    Memang harus dibuat 2 partisi, ext2/ext3 dan fat32.
    Ext3 tujuannya agar partisi tersebut dibaca sebagai memori internal (kan Android itu linux, partisinya pake ext2 dan ext3)
    Sedangkan fat32 untuk menyimpan file2 foto dan dokumen dan dapat dibaca di windows.
     

  6. Saya baru beralih ke Android.. berkat web ini saya sangat terbantu,,, kini O1 ane dah Gingerbread dan dah di root lagi,,, thanks gan,, untuk aplikasi di atas di tunggu tutorialnya ya Gan…. Thanks

  7. hallo mas chodirin,informasinya jelas dan sangat membantu
    tp saya mau menanyakan untuk tutorial a2sd ini
    saya sudah coba partisi SD card menjadi ext2 dan fat32
    setelah selesai flash a2sd script dan menggunakan command a2sd check di terminal emulator
    katanya sd-ext cannot mount
    masalahnya ada di mananya ya mas?
    apa kesalahan waktu mempartisi
    tapi sudah saya coba berkali2 ttp tidak bisa
    makasih sebelumnya mas 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*