Cara Mendeteksi Situs Penipuan Dengan Gambar

Untuk mendeteksi apakah sebuah website/blog merupakan website penipuan atau bukan, dapat dilihat dari gambar yang ditampilkan. Tekniknya sangat-sangat sederhana, yakni menggunakan bantuan Google Image. Ide ini berawal dari ketidaksengajaan. Mengetahui bahwa Google images mampu mendeteksi sebuah gambar dulplicate, saya gunakanlah untuk mengecek keaslian gambar pada  web/blog. Mohon dimaklumi kalo tutorialnya kelihatan kurang prof abal-abal. Meski abal-abal, saya berharap dengan cara sederhana ini pembeli dapat terhindar dari segala macam bentuk penipuan di internet.

Ok, langsung saja.

Contoh kasus adalah URL situs penjualan berikut:

 http://riosaputr.blogspot.com/

Blog di atas mengklaim diri sebagai situs belanja online yang menjual berbagai macam handphone, khususnya blackberry dan iphone, ipad, notebook dan kamera. Hm, benarkah demikian? Mari kita buktikan.

Sebagai bukti jika suatu saat blog tersebut berubah, saya ambil dulu screenshootnya:

Saya akan ambil 2 buah gambar yang ditampilkan dari blog di atas, yaitu gambar toko dan gambar foto pemiliknya.

Pertama, saya ambil dulu gambar sebelah kanan, gambar pemilik tokonya. Klik kanan gambarnya dan copy link gambar tersebut:

Buka Google Images: http://images.google.com

Klik icon foto seperti gambar di bawah ini:

Paste URL atau linknya di kolom yang muncul:

Klik Search, dan lihat hasil dari Google Images:

Hmm, ada banyak gambar ternyata, klik link  yang paling atas, biasanya yang paling atas adalah yang asli.  Jika masih kurang yakin, telusuri saja semua link yang ditampilkan.

Saya buka link pada gambar pertama:

Our Thought Leaders
www.pwc.com/id/en/about-us/thought-leaders.jhtml

Dan Tara… lihat hasilnya:

Ketahuan, ternyata pemilik blog mencuri foto dari daftar foto di atas. Di blog mengaku sebagai Rio Saputra, ternyata foto yang dia pampangkan adalah foto milik Joshua Wahyudi, partner dari pwc.com.

Dari sini kita sudah bisa menduga bahwa pemilik situs tersebut seorang penipu. Ini berarti link jualan lain yang ada di Google Images adalah situs penipuan juga. Jika tidak percaya, mari kita telusuri lebih lanjut:

http://f-lexible.blogspot.com (disitus ini dengan foto yang sama penipu mengaku sebagai FAHMI HIDAYAT)
http://www.facebook.com/pages/MUNANDAR-SHOP-TOKO-ONLINE-TERMURAHORIGINAL/141594409259315 (di facebook ini pelaku mengaku sebagai Munandar Shop -mungkin suatu saat link ini sudah tidak ada)

Oke, sekarang kita beralih ke gambar kedua pada foto yang dipampangkan disitusnya

Pelaku (umpamakan saya belum menuduh pelaku sebagai penipu) menampilkan gambar foto outletnya. Apakah benar outlet tersebut miliknya? Buktikan saja..

Dengan cara yang sama seperti pada cara pertama, saya mendapatkan hasil berikut:

http://karebosinews.blogspot.com/2010/11/penjualan-kamera-digital-di-mtc.html

Ternyata gambar outlet/toko dicuri dari situs Karobesinews.

Kalo kita baca lebih lanjut, foto milik Karobesinews ini dijepret pemilik Karobesinews dari sebuah toko di MTC Makasar. Sedangkan pelaku mengaku berlokasi di Batam-Kepri.

Terbukti sudah… dengan data-data otentik  di atas, blog/situs penjualan tersebut merupakan situs penipuan.

Teknik  ini hanyalah salah satu dari sekian banyak teknik untuk membuktikan bahwa situs tersebut asli atau aspal, menipu atau tidak. Masih perlu dikombinasikan dengan teknik-teknik lain agar mendapatkan hasil yang akurat. Tentu saja karena yang saya bahas tentang gambar, saya tidak membahas teknik lainnya. Analisa, kejelian, dan kata hati akan sangat membantu kita untuk memutuskan dengan benar untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan.

Thanks buat Google team atas teknologinya yang canggih.

{59} Thoughts on “Cara Mendeteksi Situs Penipuan Dengan Gambar

  1. Alhamdulillah, telah diberikan informasi yang sangat berharga dalam mendeteksi situs penipuan dengan gambar. Saya aja baru tahu caranya kaya gini.
    Makasih banyak Om atas informasinya. Semoga kita dapat mengambil pelajaran ini..Amiin

  2. sebenernya saya kalau berjualan affiliate di luar negeri suka pakai foto bule..karena muka asia kurang dipercaya…tp kan yg saya jual bukan produk sendiri dan saya sebagai affiliate hanya merekomendasikan produk orang lain…itu salah yah

  3. I like the helpful information you provide in your articles.

    I’ll bookmark your weblog and check again here regularly. I’m quite sure I will learn lots of new stuff right here!
    Good luck for the next!

  4. I’ll immediately take hold of your rss feed as I can not find your e-mail subscription hyperlink or newsletter service.
    Do you’ve any? Please allow me realize in order that I may subscribe.
    Thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


*