Chodirin
Mar
12

Curhat: Kecewa dengan Produk Samsung Galaxy Series

lazada.co.id

4x saya membelikan orang produk Samsung Galaxy Series, ternyata hasilnya mengecewakan. Galaxy Fit, Galaxy 5, Galaxy tab, dan  Nexus S. Dari keempatnya, tidak ada satupun yang membuat saya merasa puas. Perkiraan saya, Samsung mengeluarkan produknya bertubi-tubi tanpa R&D yang baik, sehingga keluarannya asal jadi. Hanya sedikit beda spesifikasi saja antara produk satu dengan produk lainnya, agar terlihat bervariasi. Tapi sayang, hasilnya tidak sebaik produk kompetitor, seperti LG & Sony yang pernah saya genggam. Terakhir saya menggunakan Nexus S, mengalami masalah yang ternyata setelah search di Google, juga dialami oleh banyak orang.

Kamera Depan

Pada hp Samsung Google Nexus S misalnya, terdapat kamera depan sebesar 0,3MP. Kamera dengan besaran pixel seperti ini sangat tidak lazim (terlalu kecil) untuk harga yang lumayan mahal (3jt saat tulisan ini dibuat, sebagai perbandingan, harga HTC Desire V saat ini 2,7jt). Meskipun ada kamera depan, Nexus S ini tidak bisa digunakan untuk Face unlock, walaupun sudah di update ke ICS dan JB. Lebih fatal lagi, kamera depan juga tidak bisa digunakan untuk Video Call over 3G. Harus dengan aplikasi seperti Skype/YM/Gtalk baru bisa video call. Kalah jauh dengan Nokia feature saya yang punya kemampuan 3G Video Call.

Accelerometer

Masalah lainnya, Accelerometer pada Nexus S sering ngadat. Pada saat ngadat, tampilan layar tidak bisa diubah ke landscape, otomatis gyroscope juga tidak jalan. Terpaksa di reboot, baru bisa kembali seperti semula. Saya menggunakan LG selama 3 tahun tidak pernah mengalami hal menjengkelkan seperti ini. Pengguna Nokia bertahun-tahun juga tidak ada masalah. Di luaran sana, pengguna Samsung Galaxy series banyak yang mengeluhkan masalah accelerometer ini.

Baterai

Baterai pada Samsung Nexus S juga aneh. Baterai tidak bisa terisi penuh sampai 100%. Hal ini saya ketahui ketika saya menginstall widget baterai. Ketika proses charging sudah mencapai 95% berdasarkan widget baterai, tiba-tiba status pengisian baterai menjadi “Charged”. Dibiarkan di charge terus menerus tidak mengubah persentase baterai. Ini sangat aneh, dan lucunya tidak hanya menimpa Nexus S saja, galaxy lain juga mengalami hal serupa. Memang saya punya solusinya, tapi tidak permanen jadi tidak perlu saya ungkapkan di sini.

Memori internal

Punya memori internal besar? Jangan senang dulu. Meskipun memori internal Nexus S sebesar 16GB, tapi yang bisa digunakan untuk menyimpan aplikasi hanya 1GB. Pada samsung galaxy tab juga sama. 16GB hanya storage saja yang fungsinya sama dengan memori external. Akibatnya, pengguna harus melakukan rooting dan sejumlah tweak lain agar dapat memanfaatkan memori internal sebagai tempat aplikasi. Padahal rooting sendiri sudah dipastikan membatalkan garansi.

Multitouch

Pada Samsung galaxy 5, saya baru menyadari ternyata layarnya hanya single touch, sehingga pinch & zoom tidak berfungsi. Meskipun HP ini termasuk keluaran awal, seharusnya multitouch sudah disertakan, karena Hp Android lain yang keluar bersamaan juga menyertakan multi touch.

Layar

Layar pada Samsung Galxy fit diklaim mempunyai 16jt warna. Faktanya ketika saya membeli HP tersebut, ternyata hanya 256K warna. Tentu saja warna yang hanya 256K sangat mengecewakan. Di forum kaskus ada yang bilang, keluaran awal memang 16jt warna, namun keluaran baru hanya 256K warna. Hal-hal kecil ini seperti penipuan, karena di box Hp tidak disebutkan spesifikasi HP tersebut.

Layar pada Nexus S juga diklaim menggunakan Super Amoled. Ternyata layar Super Amoled hanya disematkan pada Nexus S keluaran luar negeri. Sedangkan di Indonesia hanya menggunakan S-LCD saja. Dan lagi-lagi, tidak ada spesifikasi detail di box-nya.

GUI

Dari sisi fitur, harga dan ketangguhan, sebenarnya Gtab 2 7 inch ini produk terbaik diantara tablet lain. Tapi tetap ada saja kekurangannya. Memang tidak ada produk yang sempurna. Masalahnya kesalahan ini sangat fatal. Coba pehatikan layar Samsung galaxy tab 2 7 inch. Nah layar/GUI/homescreen pada Samsung Galaxy Tab 2 7 inch jauh dari kaidah-kaidah IMK (interaksi manusia dengan komputer). Penempatan icon screenshoot pada taskbar berdekatan dengan icon lain menyebabkan kita sering menekan secara tidak disengaja. Penempatan yang salah dan sangat mengganggu ini seharusnya sudah dipikirkan oleh team R&D Samsung. Begitu juga shortcut untuk membuka aplikasi yang diletakkan di pojok kanan atas, menyulitkan pengguna untuk membukanya, karena posisinya jauh jangkauan jari pada saat dipegang. Pengguna harus melepaskan pegangan tangan kanan untuk menekan shortcut tersebut. Very Annoying.

Tidak bisa kirim SMS

Tiba-tiba tidak bisa kirim SMS. Itu saya alami ketika menggunakan Nexus S. Menerima bisa, tapi mengirim tidak bisa. Aneh bukan? Dimasukkan nomor sms center yang benar tetap tidak bisa sms. Ternyata, kita harus memasukkan PDU format ke dalam  settingan SMS Center. Settingan SMS Centernya tidak ada di menu SMS, melainkan di menu dial secret code.

Itu baru produk yang pernah saya beli, belum produk Samsung Galaxy lain yang mengalami masalah lain lagi, misalnya layar bleeding, panas baterai/charger tidak normal, nge-freeze, sudden death dan lain sebagainya.

Pengalaman ini membuat saya harus lebih hati-hati dalam memilih produk Samsung Galaxy series. Karena selalu saja kekurangan dalam produk baru diketahui belakangan (walaupun mungkin bagi sebagian orang tidak menjadi masalah). Bertanya pada pramuniaga tidak cukup membantu, karena kebanyakan di antara mereka tidak mengetahui secara detail produk yang mereka jual. Kata-kata merekapun bila ternyata salah tidak bisa dijadikan jaminan. Googling menjadi satu-satunya jalan untuk mengetahui masalah pada produk yang akan dibeli.

Posted in Android | 36 Comments »

36 Responses


  1. rezza

    setuju .. beberapa kali saya menggunakan samsung ga satupun merasa puas. berbeda dengan sony, ada kepuasan sendiri.

  2. pinjaman tanpa agunan

    pernah pake sekali produk samsung, hasil fotonya kurang bagus. saya kecewa sekali

  3. iya samsung itu banyak nipu,, hasil cetak nya ga sebagus tampilan nya,,
    apalagi kamera digital nya pake cmos sensor apanya

  4. adi

    iya internetnya lemot banget

  5. adityafadhel

    iya , bener tuh yg baterainya !
    gadget saya samsung galaxy tab 2 7.0
    pas nge-charge baterainya tidak penuh2
    abis itu , saya bli chargeran baru dan ketika dipakai tidak ada kendala
    setelah dipakai kurang lebih 3 minggu
    masalah itu muncul lagi
    padahal chargeran masih bagus dan kabel nya masih diikat
    cara mengatasi nya gimana tuh , gan ?
    sorry klo kpanjangan

  6. erwin

    jangan pada bingung gan….. blackberry 10 itu sudah tidak perlu lagi pake layanan bis lagi, tinggal pake paket internetan aja… sudah jalan semuanya…. aktifin *363# pilih paket telkom flash selesai urusan…
    Berbeda dengan sistem operasi BlackBerry versi OS 7 dan di bawahnya, BlackBerry 10 dibangun di atas inti program (kernel) QNX. Kernel ini juga digunakan dalam industri otomotif, pembangkit nuklir, hingga pesawat militer.
    sumber : Kompas.com

  7. toksu

    samsung memang banyak masalah

  8. angga

    Saya pun mengalami masalah di galaxy tab 3, terkadang sim card ga ke baca harus di restart terus tapi tetep ga ke baca, hanya sesekali ke baca,a
    Saya baru pertama kali megang samsung dan benar” kecewa

  9. angga

    Saya pun mengalami masalah di galaxy tab 3, terkadang sim card ga ke baca harus di restart terus tapi tetep ga ke baca, hanya sesekali ke baca,a
    Saya baru pertama kali megang samsung dan benar” kecewa.

  10. moko

    jadi berfikir lagi buat bli G tab 2 ato G tab 3.. Saya jg punya hp samsung galaxy, sering panas lalu mati,padahal posisi standby,tp mungkn karena kelas bawah.

  11. Cara Alami MengobatiKanker Hati

    Hmmm gitu yaa ?? Untung saya belum belii ..
    Thanks infonya gan

  12. If some one needs to be updated with newest technologies after that
    he must be visit this web site and be up to date everyday.

  13. I like what you guys tend to be up too. Such
    clever work and coverage! Keep up the very good works guys I’ve added you
    guys to my blogroll.

  14. iya saya juga pake samsung galaxy tab 3 , masa saya bawa ke service center bilangnya kena air pdhal ga kena air dan dikenakan biaya 850rbu, pdhal pas saya bwa plng lg msh bsa nyalah tp hrus dicolok ke chasan, solusinya dia ga mau ambil ribet bilangnya saya hrus ganti mesin , kecewa bgth bgth sama samsung,

  15. Even common phrases such as “walking tall” and “standing proud”
    bring to mind images relating height to power.

    This article is for tall women who are afraid to
    wear high heels because they worry too much what complete strangers think.
    If you’re a short man unhappy with your height and want to appear
    taller, what better source for advice than from a woman.

    my website :: how to grow taller (Vilma)

  16. aries yuwono

    salam kenal, ini saya juga newbie samsung branded tepatnya samsung galaxy grand. masalah timbul pada saat saya menyetuh layar terlalu cepat, jika saya menulis maka kadangkala ukuran layar jadi besar secara gak beraturan. dan ini bukan hanya terjadi pada saat menulis sms saja, bisa terjadi saat kita bermain game.

  17. Thank you for the auspicious writeup. It in fact was a amusement account it.
    Look advanced to more added agreeable from you! By the way, how could we communicate?

    Feel feee to surf to my website: Kristi

  18. herman jayapura

    yoi, sy punya samsung nexus 3 jg tdk bisa video call di jar. 3g…
     
     
     

  19. Very quickly this website will be famous
    amid all blog users, due to it’s fastidious postsAngry Birds Star Wars Cheats

  20. Chemia Nowej Ery sprawdzian

  21. sakina

    saya pengguna samsung galaxy tab 3, baru dua bulan setelah beli baru,  isi baterai sampai lebih dari 3  jam gak full hanya dapat 20%, ku bawa ke samsung service center katanya masalah berasal dari adaptor dan kabel data ,, setelah 4 hari bisa , tapi habis di charge tab n adaptor nya jadi panas sekali,, karena malas mesti klaim ke sc samsung saya biarkan ,,ternyata oh ternyata,, dua bulan kemudian tepat nya bulan ini , kumat lagi tuh penyakit, di charge baterai ga mau penuh sampai lebih dari 3 jam ,, dongkol nya saya ,,, dua bulan pertama sdh trouble ,, dua bulan kemudian penyakitnya yang sama kumat,, kayaknya samsung nih ga niat jualan ..

  22. I constantly spent my half an hour to read this webpage’s articles or reviews everyday along with a
    cup of coffee.

  23. Iya apa?.
    Ane pake Samsung Galaxy S4 gapapa kok.. (Kelas Atas)
    Adik ane Pake Samsung Galaxy Core juga ngga ada masalah. (Kelas Menangah).

    Mungkin dari harga juga udah ditentuin kali kualitasnya.

    Ya contoh temen ane Pake
    Samsung Galaxy Fit (Kelas bawah);
    Samsung Galaxy Young & Young 2(Kelas Bawah);
    Samsung Galaxy Mini  & Mini 2 (Kelas Bawah);
    Samsung Galaxy Star (Kelas Bawah);
    Samsung Galaxy Fame (Kelas Bawah);

    Nah, dari produk Kelas menengah kebawah emang suka bermasalah,
    tapi kalo menengah ke atas engga sih.

    Makanya, cobain produk kelas atas-nya, jangan pake yang murahan kaya gadget china.
    Sorry, bukannya nge-judge.
    Tapi emang berdasarkan Fakta kok.

    kecuali, kalo ente pake produk kelas atas terus suka ngalamin trouble, yaa silahkan komplain ko SAMSUNG-nya, jangan beraninya nge-hina di belakang.

    Mungkin kalo udah pake Produk kelas atas terus masih suka trouble bearti itu produknya yang gagal, coba minta tuker sama gadget yang lainnya.

    Simple kan, Harga menentukan kualitas.

  24. Oh iya,
    tadi ada yang bilang,

    “Internetnya lemot banget”

    Kok nyalahin samsung sih?.
    Ente pake AXIS yah?

    Ganti ke XL / INDOSAT / Telkomsel.
    Kalo udah silahkan komen lagi disini.
    Yang lemot jaringannya atau gadget-nya?
    Oh iya, emangnya ente pake Samsung apa?

  25. http://www.facebook.com/budileon

  26. ripcord

    Pak. Saya baca di blog sebelah Lenovo S920 bisa buat video call native (tanpa aplikasi IM). Mungkin bisa direview?

  27. irfansyah

    saya aneh lagi, hap tab 2 saya restart mulu, trus ane perbaikin ke service center samsung n malah bilang mesin rusak total n kesalnya malah di tawarin tuk tukar tambah… kliatan banget mau memanfaatkan hardware punya saya yang masih bagus walaupun punya saya kan softwere yang rusak… aneh nih pihak samsung…

  28. Hello! This is kind of ooff topic but I need
    some advicfe fro an established blog. Is it hard to set uup
    your own blog? I’m not very techincal but I can figure things out pretty quick.
    I’m thinking about creating my own but I’m not sure where to start.

    Do yyou have any tips or suggestions? Cheers

    Here is my web blog – ladies golf bags cheap

  29. I’m not sure exactly why buut this web site is loading extremely slow for me.

    Is anyone else having this problem or is it a
    problm on my end? I’ll check back later and see if
    the problem still exists.

    my website; localizar celular

  30. I’m not sure where you’re getting your information, but great topic.
    I needs to spend some time learning much more or understanding more.

    Thanks ffor fantastic info I was looking for this information ffor my mission.

    Also visit my web-site: programa para rastrear celular (http://www.lifesparke.com)

  31. I aam often too blogging and i really appreciate your content.
    The article has really peaks myy interest.
    I am going to bookmark your site and keep checking for new information.

    My blog post ladies stand bag

  32. Terima kasih gan atas informasinya, sudah beberapa hari ini saya mencari informasi ini, ini sungguh sangat membantu saya . mulai sekarang saya akan bookmark blog ini agar saya bisa kembali dan melihat informasi yang terbaru.
    mungkin agan atau pengunjung blog agan juga membutuh kan infomasi dari saya, silahkan liat artilek saya yang sangat Mohon kunjungi website kami
    http://www.168sdbet.com
    Terima kasih

  33. ane pke samsung star duos..edisi trakhir..
    wlaupun ini kelas bawah..tpi di pke ny enak..gk ad msalah..aplgi msalah internet..lancar2 aja

    tpi ada 1 keanehan hp ini.. kalau baterai msih di atas 30% gk bisa di charge/cas..
    jadi seengga ny bsa bantu umur baterai..
    tpi ini cma star edisi akhir, sl ny tmen ane samsung star awal.. baterai berapapun bsa di cass..
    mungkin jga cma hp ane doang.. tpi gk tau lah.. yg pnting msih bisa cass wlaupun hruz nunggu mpe baterai bner2 abiz.. di cass ny jga bsa smpe 100% smpe “charge completed”

  34. david

    Hape Samsung Galaxy S3 Saya Internetnya gk mw mw…saya gk tw knp…Semua App yg bertuliskan Harus pke Akses internet…padahal saya lagi bediri di Hotspot..tp BBM gk ada konektifitas,Path gk ada juga…

  35. david

    Jga sdh saya refresh dan restart berkali2….kecewa bgt Sma S3 ini -__-
     

  36. He is the author 4 new diet books including New
    Pounds & Inches at. To help you go beyond rapport and truly bond with your target
    audience, it’s critical you establish a genuine connection and meet them where they are.
    Yerba mate can be a distinctively South American ingest.
    Look for more in-depth information on nutrition that will
    help your mind and your body.

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.