Membuat Hotspot Wifi dengan Komputer/Notebook

Kalo dulu kita harus membeli modem berwifi atau Wifi router atau wifi device lain untuk membuat hotspot wifi, sekarang sepertinya sudah gak perlu lagi. Berbagai macam tipe smartphone seperti blackberry, Iphone, Android, serta Windows mobile sudah bisa dimanfaatkan sebagai wifi hotspot, dengan fasilitas yang disebut tethering. Baik tethering dengan tambahan software maupun builtin dari sistem operasinya.

Nah, jika smartphone yang sebenarnya sama dengan komputer mini dapat digunakan sebagai Hotspot Wifi, sudah seharusnya komputer kita, baik PC dekstop, Notebook maupun netbook juga bisa melakukan demikian. Adalah connectify, sebuah software yang akan membantu membuat komputer kita menjadi hotspot wifi.

Syarat untuk membuat hotspot wi-fi:

1. Punya koneksi internet, bebas koneksi internet apa saja, baik kabel maupun nirkabel.

2. PC/notebook/netbook (selanjutnya saya sebut komputer) tersebut harus menggunakan sistem operasi Windows 7. Saya belum pernah mencoba apakah bisa digunakan di windows xp atau tidak.

Ok, langkah awal download software Connectify di http://www.connectify.me/

Install seperti menginstall software seperti biasa sampai finish. Kemudian jalankan software connectify.

Connectify akan muncul sebagai sistem try icon di pojok kanan bawah komputer. Klik icon tersebut untuk menampilkan software connectify.

Klik Easy Setup Wizard.

Klik Next

Pada Wi-fi device, Pilih Wireless Network Connection, karena itu satu-satunya pilihan.

Klik Next

Pada Network Name, isi dengan nama Wifi Hotspot anda. Bebas mau di isi apa saja. Nama hotspot merupakan nama SSID.

Selanjutnya klik Next.

Pada Hotspot Mode, Pilih Access Point, WPA2-PSK, karena memang hanya ada satu pilihan.

Klik Next

Masukkan password, minimal 8 karakter.

Klik Next.

Pada Shared Connection, pastika pilihan kita tidak salah.

- Jika internet kita menggunakan fastnet, speedy, telkomnet instan, berada di jaringan LAN atau koneksi kabel lain, maka pilihlah Local Area Connection.

- Jika internet kita menggunakan modem USB dari operator telekomunikasi seperti flash, three, smart, axis, im2, dll, maka pilihlah Wireless Network Connection atau Nama Profile internet kita.  Saya sendiri menggunakan SMART.

Selanjutnya Klik Next. Dan Klik Finish. Saya kira tidak perlu saya tampilkan gambar finish di blog ini.

Sekarang silahkan lihat software Connectify. Jika statusnya Running, berarti Selamat, hotspot wifi sudah sukses dijalankan.

Untuk menghentikan hotspot wifi, tinggal klik tombol Stop Hotspot.

Pengalaman saya, walaupun Hotspot Wifi sudah running, tapi ternyata masih tidak terdeteksi di handphone. Setelah saya coba mendisable Wireless Lan di laptop, barulah hotspot tersebut terdeteksi di handphone/komputer lain -> kejadian yg aneh. Internet di komputer itu sendiri masih dapat digunakan selagi software Connectify sedang dijalankan.

PS: Berhubung connectify harus bayar untuk versi pro (dulu gak ada versi pro), gunakan alternatif wifi adhoc lain, yaitu Virtual Router Manager, lebih simpel dan praktis. Silahkan download di sini.

{94} Thoughts on “Membuat Hotspot Wifi dengan Komputer/Notebook

  1. kang,,ane download yang free (bukan yg pro) koq ga ad setting wizardnya ya? apa harus download yg pro ya? Thanks

  2. iy nih gan,,,stelah coba di start wifi-nya otomatis modem smartfren malah ga konek, bgitu d stop, modemnya otomatis konek lagi….spertinya ni jg ga bisa pake modem smart yah??

  3. Di rumah sederhana saya, juga pakai wifi untuk keperluan internet sekeluarga malah dipasang nyambung dengan tetangga sebelah jadi iurannya bisa patungan maklum rumah sederhana yang mau upgrade he…. yang penting bisa internetan 24 jam nonstop  unlimited dengan biaya patungan

  4. oom tolong di update tutorialnya.. soalnya softwarenya udh beda nih gak kaya gt lagi. Setup Wizardnya aja entah dimana rimbanya.. tolong ya om..!!!

  5. Alhamdulillaah, bekerja dengan baik di netbook saya, bisa share koneksi internet ke device lain, saya pake modem Huawei GSM sim 3, via VPN

  6. Tapi sekarang tampilan aplikasi tdk seperti diatas. Beda tapi bisa…. Internet to share nya dipilih TAP-Win32 Adapter V9, advanced settingnya Share Over : Wi-Fi

  7. kalo di PC gak perlu menggunakan lagi pemancarnya emang…?
    kalo gak pake, dia memancarkan wifinya melalui mana….?

    salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>