Menangani Error Pada Plugin WordPress Mobile Edition dan Carrington Mobile Themes

Plugin WordPress Mobile Edition digunakan agar pengunjung blog dapat melihat tampilan versi mobile dari blog berbasis wordpress. Plugin ini tidak berdiri sendiri, di dalamnya sudah disertakan Themes Carrington Mobile. Themes inilah yang dipanggil dan aktif ketika pengunjung menggunakan handphone sehingga memberikan tampilan mobile. Sedangkan ketika pengunjung menggunakan browser dari PC, themes menjadi tidak aktif.

Masalah ketika Upgrade Themes.

Sebelumnya saya menggunakan Plugin WordPress Mobile Edition versi 3.1 dan Themes Carrington Mobile versi 1.02. Semua berjalan baik. Kemudian Themes Carrington Mobile mengupgrade versinya menjadi 1.1. Sayapun mencoba mengupgrade dengan themes versi terbaru ini. Tapi sayang sekali, muncul error seperti ini:

WP Mobile is incorrectly installed. Please check the README.

Saya klik pada Readme, ternyata menuju ke situs Alexking. Sayangnya, tidak ada solusi yang saya dapatkan. Cek and ricek ketemulah permasalahannya. Ternyata masalahnya adalah pada penamaan themes ini.

Pada Themes Carrington Mobile versi 1.02 menggunakan nama folder carrington-mobile-1.0.2, sedangkan pada Themes Carrington Mobile versi 1.1 menggunakan nama folder carrington-mobile tanpa menyertakan versinya. Saya buka kode Plugin wordpress mobilenya dengan mengklik Plugins >> Editor, dan benarlah dugaan saya. Di plugin ini masih memanggil themes yg lama.

define(‘CF_MOBILE_THEME’, ‘carrington-mobile-1.0.2’);

Nah, solusinya tinggal mengganti menjadi seperti ini:

define(‘CF_MOBILE_THEME’, ‘carrington-mobile’);

Masalah selesai.

Masalah Ketika Menambahkan Link View Mobile Version

Pada README disebutkan, kita bisa menambahkan link View Mobile Version, meskipun browser kita menggunakan browser versi PC. Hal ini diperlukan jika handphone yang kita gunakan untuk mengakses tidak terdeteksi oleh Plugin ini dan ingin menggunakan tampilan mobile.

Oleh Alexking disebutkan, cukup tambahkan kode akm_mobile_link() pada themes yang digunakan saat ini (bukan themes Carrington Mobile).  Sayapun coba menambahkan di footer seperti ini:

<?php akm_mobile_link(); ?>

Bagaimana hasilnya? Ternyata muncul error:

Fatal error: Call to undefined function akm_mobile_link() in /home/root-folder/public_html/chodirin.or.id/wp-content/themes/nama-themes/footer.php on line 28

Saya cek fungsi pemanggilan ke tampilan Mobile pada plugin, dapat kode seperti ini:

function cfmobi_mobile_link() {
if (!defined(‘WPCACHEHOME’)) {
echo ‘<a href=”‘.trailingslashit(get_bloginfo(‘home’)).’?cf_action=show_mobile”>Mobile Edition</a>’;

Akhirnya, saya hapus kode <?php akm_mobile_link(); ?>  di footer dan diganti dengan kode berikut:

<?php cfmobi_mobile_link(); ?>

Selesai. Dan hasilnya bisa dilihat di footer blog saya.

Sebenarnya ada plugin mobile yang lebih simple, yakni plugin WP-PDA dan Wp-mobile. Tapi kenapa saya memilih plugin yang sekarang? Karena di plugin ini kita diberikan pilihan, apakah akan menggunakan tampilan versi full browser atau tampilan versi mobile. Sedangkan pada plugin lain, mereka hanya mengambil feednya saja, dan pengunjung dipaksa melihat tampilan mobile tanpa bisa melihat tampilan yang sebenarnya.

{29} Thoughts on “Menangani Error Pada Plugin WordPress Mobile Edition dan Carrington Mobile Themes

  1. Kalau mau menambahkan link di footer bagaimana caranya,
    sdah saya coba” kok kesalahan terus..

    padahal cuma pengen nambahin content pada footer copyrightnya tidak menghapus conten lainya..
    saya ubah pada bagian template footer/bottom.php di situ ada kode html yg sourcenya powered by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*