Chodirin
Jan
10

ODOJ, 1 Juz Perhari jadi Lebih Mudah

lazada.co.id

one day one juz

“Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat
bagi para pembacanya di hari kiamat.”
(HR. Muslim)

ODOJ? Apa itu? Bagi yang baru mendengar, pasti heran. Awalnyapun saya kira ODOJ = Jodo = Jodoh. Haha ternyata bukan, Odoj merupakan kependekan dari One Day One Juz. Sebuah gerakan untuk memasyarakatkan tilawah (mengaji) 1 juz per hari melalui group BBM dan Whatsapp.

Saat tulisan ini dibuat, sudah lebih dari 1700 group ODOJ terbentuk. Setiap group terdiri dari 30 orang, jadi bila ditotal, jumlah peserta ODOJ sudah lebih dari 51.000 anggota. Yang menjadikan group ODOJ luar biasa menurut saya, jumlah group perempuan (akhwat) 2x lebih banyak dari group laki-laki (ikhwan). Subhanallah.

Setiap peserta yang bergabung dalam group ODOJ, akan mendapat tugas menyelesaikan tilawah 1 juz perhari. Jika hari ini mendapat giliran membaca juz 5, maka besok otomatis peserta tersebut mendapatkan giliran juz 6. Sehingga dalam 1 group setiap hari diharapkan dapat khatam 30 juz. Dan secara pribadi, tiap peserta insya Allah akan khatam dalam 30 hari. Masalah mungkin akan menimpa pada group akhwat, karena biasanya mereka ada masa haid selama 3 hari-1 minggu. Saya kurang tahu apakah mereka tetap harus menyelesaikan dalam 30 hari atau tidak.

Sudah menjadi sunnatullah, ada peserta yang bertahan, ada juga yang berguguran. Peserta yang tidak aktif dalam 3 hari, maka akan dikeluarkan dari group dan digantikan peserta lain. Bila peserta tersebut ingin bergabung lagi, maka akan masuk dalam waiting list.

Kadang-kadang ada juga peserta yang tidak menyelesaikan tilawahnya sampai batas waktu yang ditentukan, yakni jam 20.00. Untuk peserta yang tidak menyelesaikan bacaannya,  maka bacaan yang menjadi gilirannya akan dibagikan kepada peserta lain (dilelang). Sehingga dalam 1 group tetap dapat khatam setiap hari. Namun bila peserta tersebut komitmen untuk menyelesaikan, akan diberikan extend (perpanjangan) sampai jam 21.00 atau 22.00. Lelang tidak menyebabkan peserta yang tidak membaca dianggap sudah membaca!

Kenapa sih harus gabung ke ODOJ?
1. Banyak di antara kita yang bisa membaca Alquran, namun belum membiasakan rutin untuk membacanya.
2. Dengan berjamaah, insya Allah membaca Alquran akan lebih semangat dibandingkan membaca sendiri-sendiri.
3. Bisa saling mengingatkan untuk menyelesaikan bacaan Alquran 1 juz per hari.

Alhamdulillah, selama saya bergabung dalam group ODOJ belum pernah meninggalkan tilawah 1 juz per hari. Bila sebelumnya membaca Alquran 1 juz terasa berat, sekarang terasa jadi lebih ringan. Bahkan membaca 1 lembar  yang dulu sering ditinggalkan, sekarang tidak terasa ada beban apapun. Kadang memang untuk memulai kebiasaan baik harus dipaksa. Lama kelamaan hal yang tidak biasa menjadi biasa. Seperti pepatah bilang, alah bisa karena biasa. Lagipula, untuk hal-hal yang baik, kita mesti berlomba-lomba, bukan? Fastabiqul khoirat..

Bagi teman-teman yang tertarik untuk bergabung dalam group One Day One Juz, tinggal daftar di sini. Syaratnya, harus punya Whatsapp atau BBM. Selain mendaftar melalui website, bisa juga mendaftar melalui Whatsapp dan BBM.

Untuk mendaftar melalui BBM, ketik SMS: daftar#nama#jenis kelamin# pin, kirim ke:
Acang  087872276166 (ikhwan)
Nani 085777721264 (akhwat)

Untuk mendaftar melalui Whatsapp, ketik di Whatsapp: Daftar#Nama lengkap#Jenis kelamin (P/L) kirim ke:  08118308233

Cara-cara pendaftaran selalu berubah dari waktu ke waktu. Jadi saran saya, sebaiknya langsung mendaftar melalui websitenya saja.

Saya perhatikan di medsos, banyak yang membuat group ODOJ dengan membentuk kelompok sendiri sebanyak 30 orang. Akibatnya mereka kebingungan, “loh, kami ini group dengan nomor urut berapa?” Karena hal tersebut tidak sesuai prosedur, saya sarankan invite saja salah satu admin, konsultasikan dengan salah satu admin ODOJ agar mendapatkan nomor group dan mendapatkan panduan serta ketentuan dalam ODOJ. Terkadang ada admin yang sibuk, ada juga admin yang mempunyai banyak waktu luang. Bila kurang ditanggapi oleh salah satu admin, coba invite admin lain yang mungkin punya banyak waktu luang.

Tips Menyelesaikan Tilawah 1 Juz per Hari.

Ini yang paling banyak menjadi kendala peserta group One Day One Juz. Banyak yang memulai pada malam hari sehingga keteteran dengan tilawahnya dan meminta perpanjangan. Bahkan ada yang pernah minta perpanjangan sampai jam 11 malam lebih. Harus saya akui, sayapun pernah meminta extend karena kelalaian saya. Namun demikian, saya terus belajar memperbaiki agar tidak perlu minta extend lagi.

Tips agar dapat menyelesaikan tilawah tepat waktu diantaranya dengan membaca 2 lembar setiap selesai shalat. Sehingga jika ditotal dari subuh sampai Isya akan menjadi 10 lembar. Untuk Alquran Madinah, 10 lembar berarti 1 juz. Ada juga yang menganjurkan formasi membaca 4-4-2, 5-5, 3-3-3-1, dll.

Dari semua tips di atas, hanya ada 1 cara yang terbaik dalam menyelesaikan tilawah, yaitu selesaikan 1 juz pada dinihari sebelum subuh atau pagi hari setelah subuh. Percayalah, tidak ada cara lain yang lebih baik dari cara di atas.

Di akhir tulisan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada admin dan founder One Day One Juz. Semoga Allah membalas kebaikan kalian semua dengan balasan yang berlipat ganda. Amiin.

Posted in Catatan Pribadi | 5 Comments »

5 Responses


  1. artikel yang bagus semoga byak yang berminat yaa :)
    silahkan kunjungi web kami
    http://www.sundulbet.com
    terima kasih dan mohon kunjungannya

  2. Wulan

    Assalamu’alaikum.
    Saya sudah bergabung dengan ODOJ.Gimana cara jadi admin sebuah grup ODOJ dan apa saja syaratnya?
    Syukron atas jawabannya. :)

  3. Terima kasih gan atas informasinya, sudah beberapa hari ini saya mencari informasi ini, ini sungguh sangat membantu saya . mulai sekarang saya akan bookmark blog ini agar saya bisa kembali dan melihat informasi yang terbaru.
    mungkin agan atau pengunjung blog agan juga membutuh kan infomasi dari saya, silahkan liat artilek saya yang sangat Mohon kunjungi website kami
    http://www.168sdbet.com
    Terima kasih

  4. Sukses Ya..
    Salam http://www.dokternutrisi.com

  5. Terimakasih gan semoga anda berada dalam kesuksesan selalu.

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.