Pengalaman Kirim Paket Ke Luar Negeri dengan EMS

Sebenarnya saya udah sering baca2 pengalaman orang kalo kiriman yang murah keluar negeri itu EMS, tapi baru kali ini saya mencoba kirim paket dengan EMS. Tujuan saya tidak lain adalah Jepang, tepatnya di Tokyo. Alhamdulillah, beberapa hari lalu ada yang order voucher isi ulang SIMPATI untuk wilayah Jepang. Karena customer ini tidak mau dikasih voucher elektrik, mau tidak mau harus dikirim voucher fisik yang belum digesek. Ok, no problem, pikir saya. Walaupun saya gak jualan voucher fisik, toh bisa dicari di ITC Roxy atau di outlet2 pulsa. ūüėÄ

Sayapun pergi ke Bank Danamon, bank favorit saya buat mencairkan kiriman WU (Western Union). Ya itu, kiriman dari customer buat beli voucher tadi. Enaknya di Bank Danamon, kita tidak perlu bayar biaya materai. Mereka yg nanggung. Trus foto copy KTP oleh mereka di fotocopy-in, jadi tinggal terima beres. Beda dengan Pegadaian maupun Kantor Pos, kita sendiri yg harus nyerahin fotocopy-nya.

Setelah duit diterima, buru2 saya pergi ke ITC Roxy buat hunting voucher dan kartu perdana. Hari itu hari jumat, jadi saya harus buru2 karena kantor pos tutup jam 15.00 WIB dan Sabtu-nya libur. Gak enak sama customer kalo harus nunggu sampai hari Senin.

Sayapun segera kirim paket ke kantor pos. Saat itu jam 14.45, Alhamdulillah masih nerima kiriman. Paket saya beratnya 1.140 gram dikenakan bea kirim Rp. 261.800. Biaya PPN 1% dan biaya HTNB Rp. 24.325. Saya tidak tau persis berapa biaya HTNB-nya (harga tanggungan nilaio barang) alias biaya asuransi, karena itu sudah ditotal. Pastinya 24rb tadi dikurang 1%. Jadi ongkos kirim untuk 1,14 kg Rp. 286,125. Termasuk murah menurut saya. Coba pake JNE, pasti lebih mahal.

kirim-EMS

Tarif itu hampir sama dengan dugaan saya.  Sebelumnya saya memang sudah mengecek tarif EMS di http://ems.posindonesia.co.id/tarifems.html. Tinggal kalikan saja dengan kurs jual BCA di http://www.klikbca.com/. Hasilnya gak jauh beda.

Setelah paket dikirim, besoknya kita baru bisa mengecek status kiriman dengan memasukkan nomor tracking EMS ke http://ems.posindonesia.co.id/. Saya kirim tanggal 3 Mei. Alhamdulillah, tgl 7 Mei saya dapat kabar dari customer kalo paket sudah diterima. Jadi cuman 4 hari. Mungkin kalo gak melewati hari Minggu kiriman bisa lebih cepat sampai?

Update:

Akhirnya saya coba kirim ke Hongkong, tanggal 8 Juli 2013 hari Senin, dan ternyata tanggal 10 Juli 2013 sudah sampai.

Kantor pos saat ini tidak menerima pengiriman EMS dengan nilai lebih dari 3 juta. Jadi walaupun nilai barang di atas 3 juta, tetap akan ditulis nilai tanggungan 3 juta. Saya sempat khawatir, karena nilai voucher yg saya kirim lumayan banyak, dengan berat kiriman 11kg. Tapi Alhamdulillah sampai dengan selamat. Pengiriman voucher, uang, dan barang berharga lainnya juga tidak dapat dilakukan di kantor pos cabang, hanya bisa dilakukan di kantor pos pusat (untuk Jakarta ada di Lapangan Banteng Pasar Baru).

{112} Thoughts on “Pengalaman Kirim Paket Ke Luar Negeri dengan EMS

  1. mas bro mau tanya, ada orang india pesan knalpot ke saya, nah saya ingin transfer lewat jasa kantor pos, nah saya kan sudah kasih alamat lengkap saya ke pembeli, berati yang harus saya lakukan nunggu uang yang dari india masuk baru saya kirim barangnya atau bagaimana? mohon pencerahannya gan.

  2. untuk tanya2 pos indonesia kirim Ke Luar Negeri via EMS(Express Mail Service),dll boleh W.A di 081314844633 & tlp 021-92882445. free pick untuk area depok, jak-sel

  3. saya sering kirim paket lewat ems yg 4 hari nyampe tapi biaya mahal banget jadi berat di ongkos pengirimanya,kira kira ada solusi gk biar gk ke makan ongkir,

  4. saya beli barang di lazada dan barangnya dikirim dari hongkong, saya transfer ke sana tanggal 4 desember tanggal 7 desember baru dikirrim dari sana, sampai sekarang barangnya belum datang :'(

  5. mau import door to door, atau mau kirim dari batam tujuan jakarta tanpa dipusingan dengan urusan bea cukai, atau mau kirim dari jakarta tujuan seluruh indonesia via darat dan laut dengan harga bersaing. gak perlu ribet dan pusing. hubungi aja kami. CV Lintas armada exress, di no hape 0821-1203-3650 atau email : laecargo@gmail.com kami siap bantu apapun jenis barang kiriman anda dan bagaimanapun kondisi nya.karena kami di isi oleh berbagai personil yang cukup berpengalaman puluhan tahun dibidang ini.

  6. Gan, mau tanya donk… Saya berencana mau kirim flashdisk ke London. Itu kira2 kena charge ga? trus harus dibuka dulu flashdisknya isinya apa ato gimana ya? Teman saya yang menerima disana akan dikenakan charge ga?

    Makasih…

  7. Anda butuh jasa ekspedisi :
    1. Mau kirim barang dari batam tujuan jakarta
    2. atau dari jakarta tujuan seluruh indonesia
    3. atau import door to door
    4. atau pengiriman motor dan mobil dari jakarta tujuan seluruh indonesia
    CV. Lintas Armada Express, siap membantu anda.
    Informasi dan booking silahkan hubungi :
    Bp Hamdan Lubis
    HP 0821-1203-3650
    E. laecargo@gmail.com

  8. haloo kok mahal yah heheh untuk ukuran tahun 2013. ini EMS nya. EMS merchandise apa yah ? soalnya kalo EMS dokumen kayaknya berat sampai 250 gram itu masih 150.000 sesuai kurs saat ini (2016)

  9. salam kenal buat temen2 yang butuh jasa pengiriman keluar negri yang aman dan cepat
    boleh contact saya di 0857 18080 775,agensi tnt dan dhl..barang kami pik up..untuk cairan,makanan,batu bara kami
    bisa…ditunggu

    salam

    jejen jaenudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


*