Pengalaman Kirim Paket Ke Luar Negeri dengan EMS

Sebenarnya saya udah sering baca2 pengalaman orang kalo kiriman yang murah keluar negeri itu EMS, tapi baru kali ini saya mencoba kirim paket dengan EMS. Tujuan saya tidak lain adalah Jepang, tepatnya di Tokyo. Alhamdulillah, beberapa hari lalu ada yang order voucher isi ulang SIMPATI untuk wilayah Jepang. Karena customer ini tidak mau dikasih voucher elektrik, mau tidak mau harus dikirim voucher fisik yang belum digesek. Ok, no problem, pikir saya. Walaupun saya gak jualan voucher fisik, toh bisa dicari di ITC Roxy atau di outlet2 pulsa. :D

Sayapun pergi ke Bank Danamon, bank favorit saya buat mencairkan kiriman WU (Western Union). Ya itu, kiriman dari customer buat beli voucher tadi. Enaknya di Bank Danamon, kita tidak perlu bayar biaya materai. Mereka yg nanggung. Trus foto copy KTP oleh mereka di fotocopy-in, jadi tinggal terima beres. Beda dengan Pegadaian maupun Kantor Pos, kita sendiri yg harus nyerahin fotocopy-nya.

Setelah duit diterima, buru2 saya pergi ke ITC Roxy buat hunting voucher dan kartu perdana. Hari itu hari jumat, jadi saya harus buru2 karena kantor pos tutup jam 15.00 WIB dan Sabtu-nya libur. Gak enak sama customer kalo harus nunggu sampai hari Senin.

Sayapun segera kirim paket ke kantor pos. Saat itu jam 14.45, Alhamdulillah masih nerima kiriman. Paket saya beratnya 1.140 gram dikenakan bea kirim Rp. 261.800. Biaya PPN 1% dan biaya HTNB Rp. 24.325. Saya tidak tau persis berapa biaya HTNB-nya (harga tanggungan nilaio barang) alias biaya asuransi, karena itu sudah ditotal. Pastinya 24rb tadi dikurang 1%. Jadi ongkos kirim untuk 1,14 kg Rp. 286,125. Termasuk murah menurut saya. Coba pake JNE, pasti lebih mahal.

kirim-EMS

Tarif itu hampir sama dengan dugaan saya.  Sebelumnya saya memang sudah mengecek tarif EMS di http://ems.posindonesia.co.id/tarifems.html. Tinggal kalikan saja dengan kurs jual BCA di http://www.klikbca.com/. Hasilnya gak jauh beda.

Setelah paket dikirim, besoknya kita baru bisa mengecek status kiriman dengan memasukkan nomor tracking EMS ke http://ems.posindonesia.co.id/. Saya kirim tanggal 3 Mei. Alhamdulillah, tgl 7 Mei saya dapat kabar dari customer kalo paket sudah diterima. Jadi cuman 4 hari. Mungkin kalo gak melewati hari Minggu kiriman bisa lebih cepat sampai?

Update:

Akhirnya saya coba kirim ke Hongkong, tanggal 8 Juli 2013 hari Senin, dan ternyata tanggal 10 Juli 2013 sudah sampai.

Kantor pos saat ini tidak menerima pengiriman EMS dengan nilai lebih dari 3 juta. Jadi walaupun nilai barang di atas 3 juta, tetap akan ditulis nilai tanggungan 3 juta. Saya sempat khawatir, karena nilai voucher yg saya kirim lumayan banyak, dengan berat kiriman 11kg. Tapi Alhamdulillah sampai dengan selamat. Pengiriman voucher, uang, dan barang berharga lainnya juga tidak dapat dilakukan di kantor pos cabang, hanya bisa dilakukan di kantor pos pusat (untuk Jakarta ada di Lapangan Banteng Pasar Baru).

{36} Thoughts on “Pengalaman Kirim Paket Ke Luar Negeri dengan EMS

  1. Gan, mau tanya nih. Saya baru pertama kali kirim barang ke luar. Rencana saya mau kirim make up, nilai total barang kira2 $500. Berarti total nilai tanggungan barang tetap dihitung 1% dari 3jt? Mohon dijawab ya gan, makasih :)

      • Soalnya temen ane udah cukup sering ngirim barang ke luar pake EMS, tapi dia gatau itu dikirim sampe alamat apa cuman nyampe bandara. Sementara sekarang ane ada klient dari luar dan perlku ngirim barang ke sana, takurnya cuman sampe bandara, soalnya gede juga biayanya ya kan -_-

    • Setau saya jika menggunakan pengiriman kantor pos, semua paket di kirimkan ke alamat tujuan untuk kiriman keluar negeri. Atau bisa di tanyakan terlebih dahulu pada petugas loket di kantor pos.
      Kalau saran saya, mau kirim paket keluar negeri mending menggunakan jasa kurir door to door dan wajib terlampir no resi atau airwaysbill agar kita bisa mengetahui posisi barang secara online paket yang kita kirimkan.
      Semoga informasi ini bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>