Selamat Tinggal Telkomselflash, Selamat Datang 3

Setelah lebih dari setahun menggunakan internet unlimited Telkomselflash (selanjutnya saya sebut Flash saja), akhirnya hari ini saya putuskan untuk menceraikan flash. Dari awal sebenarnya saya sudah kecewa dengan kecepatannya, tapi berhubung di Pekanbaru tidak ada pilihan lain, terpaksa saya tetap menggunakan layanan internet unlimited dari telkomsel ini.

Dulu quota yang diberikan flash adalah 3GB. Tidak berapa lama kemudian diturunkan jadi 2GB. Saya tidak sempat menikmati quota 3GB ini. Ketika layanan flash unlimited hadir di Pekanbaru, sudah tinggal 2GB. Okelah tidak apa-apa. Saya pinjam pakai flash kakak saya, karena sistemnya saat itu 1 kartu utama bisa mendaftarkan 10 kerabatnya.

Sampai akhirnya bulan Agustus 2009 kuota flash diturunkan menjadi 500 MB. Speednya juga diturunkan jadi 64Kbps. Speed real yang saya dapatkan hanya 5 KBps. Saya bilang, telkomsel ini sudah gila. Udah harganya paling mahal, kuotanya paling sedikit. Anehnya kuota dan speed diturunkan baru diumumkan pada bulan September 2009. Wah, pas bulan Agustus diturunkan berarti orang2 pada gak tau. Saya tau karena selalu memperhatikan statistik kuota di software Mobile Partner saya.

Berkat ancaman ID-TUG, kuota flash dikembalikan jadi 2GB dibulan Oktober. Tapi hanya berlaku bulan oktober, itupun sudah tanggal 8. Bulan selanjutnya diturunkan lagi menjadi 500MB. Kapasitas 500MB buat saya cuman habis dalam waktu 2 malam. Sejak saat itu saya menjadi seorang fakir bandiwdth. Hehehe.

Ada dua kelemahan flash unlimited, yaitu menggunakan cache tapi updatenya lama. Misalnya saya membuat postingan di blog, maka ketika saya melihat tampilan blog, yang muncul adalah tampilan kemarin! Kok bisa gitu? Saya yakin ini karena flash tidak mengupdate cachenya. Terpaksa saya pake proxy untuk melihat tampilan terbaru. Flash ini juga sering tidak bisa digunakan untuk mengakses website tertentu. Misalnya website yang hosting di hostingtangguh.com, forum adsense-id.com, dan masih banyak yang web lain yang tidak bisa diakses, meski kadang-kadang bisa diakses.

Beberapa waklu lalu Opera meluncurkan opera 10 dengan fitur turbo. Turbo ini semacam proxynya Opera. Alhamdulillah, dengan Opera Turbo ini kedua masalah di atas teratasi, tanpa perlu web proxy lagi. Tapi kalo speednya lagi turun, kita gak bisa mengakses Opera dengan fitur Turbo.

Bulan November saya tertarik dengan promosi SMART di Jakarta yang sudah menggunakan teknologi EVDO REV-A. Bayangkan saja, speednya up to 3,1 Mbps dan tidak dibatasi QUOTA-QUOTA-an seperti flash, im2, maupun xl. Karena ada gratis internet unlimitednya selama 100 hari, saya putuskan untuk membeli bundling SMART, modem ZTE plus paket Platinum (up to 3,1 Mbps). 2 Minggu pertama lancar. Buka Youtube wush.. wush.. saking cepetnya. Saya masih dapat speed real 500Kbps-700 Kbps. Entah karena overselling atau sengaja diturunkan, setelah 2 minggu speednya anjlok.

speed smart evdo

Speed smart EVDO REV-A. Kok lambat, apa karena masih gratis 100 hari ya?

Secara umum saya masih puas dengan SMART. Tapi saya masih tetap berlangganan flash. Kenapa? Karena SMART ada kelemahannya seperti flash. Antara lain:
– sering tidak bisa digunakan untuk akses blogspot/blogger.
– kalo malam sering tidak bisa akses port FTP dan CPANEL. nah loh.

Masa gratis 100 hari sudah habis, saya putuskan untuk membeli paket SILVER. Speed up to 512Kbps. Harganya setengah dari harga telkomselflash. Ternyata, kecepatan paket SILVER tidak jauh beda dengan paket PLATINUM! Bahkan boleh saya katakan sama saja. Setidaknya sampai hari ini saya gunakan. Justru dipaket SILVER ini port CPANEL dan FTP sudah tidak diblok lagi oleh SMART. Aneh memang. Karena cukup bagus, saat itu juga saya putuskan berhenti memakai FLASH.

Speed SMART paket Silver (up to 512kbps). Aneh, lebih cepat dari SMART EVDO REV-A.

Ketika browsing di kaskus, saya menemukan informasi internet unlimited dari THREE (sekarang berubah nama menjadi TRI). Ada yang menjual kartu perdananya seharga Rp. 350.000. Untunglah saya mencari informasi lain yang memberitahukan bahwa kartu internet unlimited TRI tidak semahal itu. Cukup isi ulang Rp 100.000 dan daftarkan ke paket unlimited.

Saya coba beli kartu perdana TRI seharga Rp. 4000. Kemudian Isi ulang Rp 100000.  Baru ikuti petunjuknya seperti yang tertera di website TRI.

Bagi yang ingin mensetting iternet unlimited 3 di komputer, cukup masukkan data sbb:

APN: 3data
User name: 3data
Password: 3data
Dial Number: *99#

Speed internet unlimited TRI adalah up to 1,8 Mbps (jika ada jaringan HSDPA). Sama halnya dengan SMART, TRI tidak membatasi dengan quota. Jadi tidak ada istilah penurunan SPEED segala. Alhamdulillah, untuk sementara ini saya puas dengan speed yang diberikan TRI.

Speed internet unlimited TRI.

Update: Payah. Tri sekarang sudah pake quota sistem quota, 5GB/bulan. paket mingguan dengan quota 5 Gb/bulan sudah dihapus, jadi jangan coba2 daftar paket mingguan, akan terpotong pulsa bulanan! Jadi, bye bye TRI.

{89} Thoughts on “Selamat Tinggal Telkomselflash, Selamat Datang 3

  1. Thanks for your personal marvelous posting! I actually enjoyed reading it, you are a great
    author. I will make sure to bookmark your blog and may come back very soon. I want to encourage you to
    definitely continue your great posts, have a nice holiday weekend!

  2. Pekanbaru merupakan daerah yg mendukung jaringan fiber telkom
    Kalau anda pengguna internet rumahan ada solusi lebih baik
    Berlanggana Indihome fiber, speed yg diberikan 10Mbps dan tanpa quota2an dan ini bukan bohongan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


*