Tips Agar Tetap Bugar Selama Mudik

pesawat capung

pesawat perintis alternatif kendaraan untuk mudik di daerah pedalaman

Perjalanan panjang menuju kampung halaman kebanyakan dimanfaatkan orang untuk tidur selama dalam kendaraan. Tapi hal itu tidak berlaku bagi saya. Saya bisa melakukan berbagai aktifitas selama dalam perjalanan. Sangat rugi rasanya bila dalam perjalanan hanya diisi dengan tidur.

Sayangnya, aktifitas ini cukup membuang energi. Nah, agar tetap semangat dan bugar selama dalam perjalanan, ada beberaa tips yang perlu dilakukan bagi pemudik, khususnya bagi yang tidak membawa kendaraan sendiri seperti saya.

1. Istirahat yang cukup menjelang keberangkatan.

Mempersiakan barang-barang yang akan dibawa sampai melupakan istirahat merupakan suatau kesalahan. Packinglah barang-barang yang perlu dibawa beberapa hari sebelum keberangkatan, sehingga kita dapat berisitirahat menjelang keberangkatan dan menyimpan banyak energi selama dalam perjalanan. Bila kurang istirahat, bisa dipastikan dalam kendaraan justru mengantuk dan tidur.

2. Sahur.

Sahur adalah hal yang wajib dilakukan bagi yang mudik sambil berpuasa. Perbanyak minum air putih, makan buah-buahan dan sayur-sayuran agar keseimbangan kesehatan tubuh tetap terjaga. Perasaan lapar selama dalam perjalanan dapat menyebabkan kantuk yang tak tertahankan.

Sebenarnya bagi seorang muslim ada keringanan untuk tidak berpuasa selama mudik. Nah, kita bisa memanfaatkan keringanan tersebut, namun harus menggantinya di luar bulan puasa. Bila perjalanan kita lebih dari 2 hari, ada baiknya untuk tidak berpuasa agar badan tetap sehat dan kuat.

3. Gadget

Jangan lupakan barang yang satu ini. Untuk menghilangkan kebosanan selama dalam kendaraan, kita bisa memanfaatkan gadget untuk melakukan berbagai aktifitas. Yang paling saya sarankan tentunya smartphone dan tablet pc.

Dengan smarthone atau tablet pc, kita bisa membaca Alquran, bisa bermain game, membuka peta untuk melihat lokasi terkini di mana kita berada, maupun memotret dan merekam pemandangan sepanjang jalan. Hal yang sama bisa dilakukan dengan tablet pc. Sayang rasanya bila tidak membawa gadget. Apalagi harga gadget saat ini, terutama tablet pc sudah sangat murah. Di lazada.co.id misalnya, kita bisa mendapatkan table pc dengan harga 700rb-an saja, atau bila ingin membeli tablet pc bermerk, di bulan Ramadhan ini Lazada memberikan diskon spesial yang bisa dilihat di menu Lazada RamadhanFest.

Bagi pemudik yang naik pesawat, tentunya tidak bisa menggunakan smartphone ataupun tablet pc dalam pesawat. Alternatifnya, kita bisa menggunakan kamera digital untuk memotret maupun merekam sejumlah pemandangan dari dalam pesawat, terutama pemandangan ketika pesawat landing. Kamera digital ini juga banyak dijual di Lazada dengan berbagai merk dan jenis. Saran saya, bila anda bukan fotografer profesional, kamera compact digital seperti Nikon Coolpix dan Canon Ixus sudah cukup. Tapi bila mempunyai uang lebih, kamera DSLR tentu lebih baik.

Dengan memanfaatkan gadget sebaik mungkin, perjalanan yang panjangpun kini tidak lagi membosankan.

4. Portable Charger

Portable charger atau powerbank juga tidak kalah penting. Aktifitas yang terlalu banyak dengan gadget dapat membuat gadget kita cepat kehabisan baterai. Dengan powerbank, masalah baterai dapat terselesaikan. Yang perlu diingat, ketika menggunakan powerbank, sebaiknya jangan menggunakan gadget tersebut, karena dapat merusak gadget dalam jangka waktu lama.

5. Berpikir Positif.

Kenapa harus berpikir positif?

Ada banyak hal yang akan kita alami selama dalam perjalanan. Baik hal-hal yang menyenangkan maupun hal-hal yang tidak mengenakkan. Dengan berpikir positif, pikiran kita akan terasa nyaman. Perasaan nyaman ini secara tidak langsung mampu membangkitkan kebugaran dalam tubuh kita.

Semoga tips di atas bermanfaat.

{10} Thoughts on “Tips Agar Tetap Bugar Selama Mudik

  1. senang sekali bisa berada dihalaman yang sangta luar biasa dan terima kasih abnyak atas infonya dan semoga semakin suksek dan maju!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>