Tips Memilih dan Membeli Flash Disk

flashdisk gelang unik

Beberapa waktu yang lalu salah seorang teman saya mengeluhkan tentang flash disknya yang rusak. Baru beli sudah rusak. Padahal yang ia beli merk terkenal. Setelah saya cek, ternyata merk flash disknya palsu. Pantas saja gampang rusak. Sayapun memberikan tips-tips kepadanya dalam memilih dan membeli flashdisk (selanjutnya saya tulis flashdisk). Tips tersebut akan saya bagikan di sini agar bermanfaat bagi pembaca.

1. Kapasitas Penyimpanan

Perkirakan berapa besar kapasitas penyimpanan yang diperlukan. Jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil. Jika kebutuhan kita hanya 5-6GB, sebaiknya beli flashdisk dengan kapasitas 8GB. Jika kebutuhan kita hanya 2GB, pilihlah flashdisk dengan kapasitas 4GB. Tidak perlu membeli flashdisk dengan kapasitas yang besar misalnya 64GB atau 128Gb, karena selain harga yang lebih mahal, juga flashdisk tersebut akan bekerja lebih berat ketika membaca maupun menulis ulang. Jangan pula membeli flashdisk terlalu kecil, karena flahdisk tetap butuh ruang kosong sebagai cache ketika digunakan. Flashdisk yang isinya selalu full akan cepat rusak, sedangkan flashdisk yang isinya selalu kosong tentu mubadzir.

2. Garansi

Garansi menunjukkan keaslian barang yang kita beli. Ada flashdisk yang memberikan garansi 1 tahun, ada yang 2 tahun, dan ada yang 5 tahun. Pilihlah flashdisk yang memberikan garansi pabrik paling lama, bukan garansi toko. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi dengan flashdisk kita. Dengan adanya garansi, flashdisk yang rusak bisa ditukar dengan yang baru. Flashdisk dengan garansi 1 bulan-6 bulan dan garansi toko umumnya flashdisk palsu.

3. Merk

Belilah flashdisk dari merk terkenal/branded. Merk menunjukkan jaminan kualitas, karena mereka memiliki quality control, dan purna jualnyapun jelas. Jangan membeli flashdisk dari merk yang tidak jelas, karena seringnya barang tersebut cepat rusak. Merk yang terkenal saja banyak yang dipalsukan, apalagi merk abal-abal.

4. Design

Design atau bentuk sebuah flashdisk sangat mempengaruhi keawetan sebuah flashdisk. Pilihlah bentuk flashdisk yang solid, cover yang terbuat dari metal atau karet lebih tahan banting dibandingkan cover yang terbuat dari plastik. Perhatikan dua gambar di bawah ini:

flashdisk-hp-kuat flashdisk-hp-rapuh

Gambar di atas merupakan perbandingan bentuk flashdisk antara yang kuat dengan yang rapuh. Keduanya berasal dari pabrikan yang sama. Akan tetapi, dari design dan bahan casingnya, flashdisk sebelah kiri lebih kuat dibandingkan flashdisk sebelah kanan. Flashdisk sebelah kanan lebih rapuh, karena bagian PIN USB-nya yang tidak terlindungi. Apabila kedua flashdisk tersebut dijatuhkan, kemungkinan yang akan rusak adalah flashdisk yang kedua.

Lain halnya bila tujuan kita membeli flashdisk hanya untuk souvenir atau hadiah. Tentu tidak lucu bila kita membelikan flashdisk solid seperti di atas. Flashdisk untuk souvenir sebaiknya dipilih yang bentuknya unik dan lucu. Masalah kualitas menjadi nomer 2, karena flashdisk seperti ini bukan digunakan untuk menyimpan data penting. Contohnya seperti gambar di bawah ini.

flashdisk-musik

Flashdisk unik dan lucu seperti diatas banyak dijual di internet. Tadi malam ketika browsing, saya juga menemukan flashdisk unik berbentuk gelang, boneka, dan bentuk unik lainnya di situs jual beli Lamido Indonesia.

5. Harga

Sebenarnya pertimbangan harga dalam membeli flashdisk kurang penting, karena saat ini harga flashdisk sudah cukup murah dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Kebanyakan, harga berbanding lurus dengan kualitas. Tapi ada juga sebagian orang yang tetap mencari berdasarkan harga, karena budget yang terbatas, terutama mahasiswa dan pelajar. Ketika saya mengunjungi website Lamido, saya melihat harga-harga yang ditawarkan penjual di sana lebih murah dibandingkan di tempat lain untuk barang yang sama/sejenis. Bagi pembeli yang mencari flashdisk murah, tinggal masuk ke website Lamido, klik kategori Komputer –> klik sub kategori Aksesories & Perlengkapan Komputer –> klik sub kategori Flash Disk. Atau bisa mengetiknya langsung di kolom pencarian. Nanti akan muncul berbagai macam jenis flashdisk dari berbagai penjual yang berbeda.

5. Kecepatan Transfer

Saat ini sudah banyak flashdisk yang mendukung USB 3.0. Kecepatan transfer USB 3.0 tentu lebih tinggi dibandingkan USB 2.0. Kecepatan transfer flashdisk USB 2.0 hanya 10-30MBps. Bahkan pengalaman saya ketika menggunakan flashdisk USB 2.0, kecepatan transfer (write) hanya 1-4MBps. Bandingkan dengan kecepatan flashdisk USB 3.0, berdasarkan hasil review techradar, kecepatan flashdisk USB 3.0 antara 30-90MBps. Oleh karena itu, pilihlah flashdisk yang support USB 3.0, karena kedepannya teknologi USB 2.0 akan segera ditinggalkan.

Semoga tips di atas bermanfaat.

{19} Thoughts on “Tips Memilih dan Membeli Flash Disk

  1. Untuk urusan data, saya selalu memilih media penyimpanan yg berkualitas. Tdk peduli harga mahal, yg penting data saya aman. Tdk perlu terlalu besar, asal cukup buat saya…
    Sekarang saya mulai memikirkan point ke 5, biar akses data tambah cepet… thanks admin buat sharing info nya… sukses selalu

  2. terimakasih untuk info nya gan, tapi untuk bahan flasdisk, menurut saya yang berbahan metal kurang bagus, karena sering memberikan kejutan listrik. . . .

  3. Useful banget nih infonya. Saya jadi mengerti gimana cara pilih flash disk yang baik karena sudah terlalu banyak macam-macam flash disk yang ada dipasaran. Keep Posting 🙂

  4. Flashdisk dengan kapasitas besar, kecepatan transfer tinggi serta didukung kualitas yang baik adalah pilihan yang wajar, tidak jarang flashdisk bermerek sudah rusak sebelum usia entah karena penggunaan yang tidak wajar atau memang replika

  5. untuk kecepatan jangan disamakan dengan hdd external. karena hdd external usb 3.0 rata2 bisa dapat 40-90mbps. tapi klo flash disk usb 3 standart hanya berkisar 9-18mbps. kecuali untuk flash disk usb 3.0 yang high quality (mahal) ada yg 30-60mbps. sebelum beli flash disk ada baiknya dicek dlu spesifikasinya atau lebih baik lg cek di http://usbspeed.nirsoft.net/ untuk masalah kecepatan baca/tulisnya.

  6. aku baru ngalamin nih.. beli 64 GB hrga.ny 50rb
    ada bonus isi drama.ny jg
    waktu d cek cma 2 eps. yg bisa
    aku masuk.in data lain, malah pas d colok.in lg hilang data.ny

    ada solusi ndak..??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*